Program UKGS SDI Al-Azhar 14 Semarang

 Program - Program UKGS SDI Al-Azhar 14 Semarang



Keunggulan dari program ukgs yang sudah dilaksanakan adalah angka karies sudah turun dan rata-rata karies masing-masing murid sudah membaik yakni sebesar 0,9. Tingkat kesadaran dari masing-masing siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut mereka sudah sangat tinggi hal ini di tandai dengan kemauan dan keberanian siswa untuk datang sendiri ke ruang ukgs. Selain itu, kegiatan ukgs ini membawa dampak positif bagi guru-gurunya yakni meningkanya pengetahuan guru tentang kesehatan gigi dan mulut. SD Al-Azhar 14 di nobatkan sebagai SD percontohan se Jawa Tengah.
SDI Al-Azhar 14 memiliki program UKGS sebagai berikut:
1.      Promotif
Upaya promotif adalah suatu rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan – kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. Upaya promosi yang dilakukan SDI Al-Azhar 14 berupa skrining kesehatan gigi, penyuluhan kesehatan gigi yang dilakukan 2- 3 kali per semester oleh perawat gigi UKGS maupun tenaga kesehatan dari puskesmas wilayah kerja SDI Al-Azhar 14 serta sikat gigi massal yang dilakukan 1 kali per semester oleh perawat gigi UKGS, karena keterbatasan tenaga maka kegiatan sikat gigi massal dilakukan per kelas dalam waktu yang berbeda.
2.      Preventif
Upaya preventif adalah kegiatan yang bertujuan untuk pencegahan penyakit. Upaya preventif yang dilakukan adalah scalling dan pengolesan fluor. Untuk tindakan scalling dilaksanakan berdasarkan kebutuhan siswa, dimana ketika siswa merasa tidak nyaman terhadap kondisi gigi dan mulutnya mereka langsung datang tanpa diminta ke ruang UKGS untuk memeriksakan kondisi giginya. Sedangkan untuk tindakan pengolesan fluor dilakukan setiap 6 bulan sekali.
3.      Kuratif Sederhana

Upaya kuratif adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengobati suatu penyakit. Upaya kuratif yang dilakukan berupa penambalan gigi 1 bidang dan pencabutan gigi decidui persistensi.